Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10066
Title: Pengembangan Metode Student Facilitator and Explaining Dalam Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Muhammadiyah 09 Medan T.P 2017/2018.
Authors: Tunnisak, Fadlah
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran,;Student Facilitator and Explaining;Kemampuan Pemacahan Masalah Matematika.
Issue Date: 19-Mar-2018
Abstract: Permasalahan penelitian ini adalah : “ Peneliti menemukan masih banyak masalah di SMK Muhammadiyah 09 Medan, kemampuan pemecahan masalah siswa, khususnya SMK masih relatif rendah. Peneliti melihat kegiatan dalam proses pembelajaran belum terorganisir dengan baik dan kurang adanya persiapan yang matang sebelum mengajar. Selain itu masalah dalam penelitian ini belum pernah digunakannya perangkat pembelajaran, khususnya RPP, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Tes”. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SFAE. (2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model kooperatif tipe SFAE. (3) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SFAE. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Sammel, dan Sammel yaitu model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TSM I pada uji coba I dan uji coba II di SMK Muhammadiyah 09 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ketuntasan belajar secara klasikal belum melebihi batas minimal pada uji coba I yaitu sebesar 40% kemudian pada uji coba II ketuntasan secara klasikal sudah melebihi batas minimal yaitu sebesar 93%. (2) Respon siswa terhadap semua aspek direspon positif oleh siswa. (3) Pada uji coba I ketercapaian indikator pemecahan masalah sebesar 83%, ketercapaian indikator membuat model matematika dari masalah yang diberikan sebesar 63%, ketercapaian indikator menuliskan langkah-langkah penyelesaian sebesar 52%. Pada uji coba II ketercapaian indikator pemecahan masalah sebesar 98%, ketercapaian indikator membuat model matematika dari masalah yang diberikan sebesar 86%, dan ketercapaian indikator menuliskan langkah-langkah matematika dari masalah yang diberikan sebesar 81% pada uji coba II, ketercapaian indikator atau ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator. (4) kemampuan pemecahan masalah matematika uji coba I diperoleh rata-rata sebesar 66% dan pada uji coba II rata-rata 90%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10066
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skipsi.pdf1.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.