Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat prestasi
belajar matematika siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Medan?. Penelitian ini
bertujuan (1) Mengkaji tingkat prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA
Muhammadiyah 2 Medan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Non Penelitian
Tindakan Kelas (Non PTK) dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis
Masalah. Instrumen yang yang digunakan adalah Tes dan observasi motivasi
belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 DAN XI IPA 2
SMA Muhammadiyah 2 Medan T.A 2017/2018 yang masing-masing berjumlah
33 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 20 siwa perempuan. Objek dalam
penelitian ini adalah Mengembangkan Prestasi Belajar Siswa Terhadap
Matematika. Dari hasil penelitian dapat dilihat kajian prestasi belajar siswa pada
pokok bahasan program linier pada kelas eksperimen yaitu 900 lebih tinggi
dibandingkan kelas kontrol yaitu 885, rata-rata kemampuan pemecahan masalah
matematika untuk kelas eksperimen 27,273 lebih tinggi dibandingkan kelas
kontrol yaitu 26,818, simpangan baku kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 6,069
dibandingkan kelas kontrol yaitu 5,839, varians kelas eksperimen yaitu 36,830
sementara kelas konrol yaitu 34,091,nbilai maksimum ekserimen yaitu 39,
sementara maksimum kelas kontrol yaitu 37 dan nilai minimum kelas eksperimen
13 sementara minimum kelas kontrol yaitu 12. Dari analisis yang dilakukan dapat
disimpulkan bahwa Prestasi Belajar Siswa dapat meningkatkan motivasi belajar
siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Medan T.A 2017/2018