Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Oleh Siswakelas X Smk S Yayasan Wanita Kerata Api Medan Tahun Pembelajaran 2017 – 2018

Show simple item record

dc.contributor.author Nasution, Ahmad Razali
dc.date.accessioned 2020-11-10T08:34:26Z
dc.date.available 2020-11-10T08:34:26Z
dc.date.issued 2018-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9946
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran reflektif, untuk mengetahui jumlah dan tingkat kemampuan menulis cerpen menggunakan model konvensional, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reflektif terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas X SMK Swasta Yayasan Wanita Kereta Api Tahun Pembelajaran 2017 – 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari kelas AP,AK,TL dan TKJ dengan jumlah 96 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas AP ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 24 orang dan kelas TKJ sebagai kelas control dengan jumlah siswa 24 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, instrument penelitian ini menggunakn tes esai. Berdasarkan teknik analisis data, hasil penelitian ini rata – rata sebesar 81,54 dengan menggunakan model pembelajaran Reflektif dengan rincian siswa memperoleh nilai 80 – 100 sangat baik 16 orang (66,67%) dan siswa yang memperoleh nilai 66 – 79 baik 8 orang (33,33%) oleh siswa kelas X SMK Swasta Yayasan Wanita Kereta Api Medan Tahun Pembelajaran 2017 – 1018. Nilai rata – rata sebesar 71,22 dengan menggunakan model konvensional dengan rincian siswa yang memperoleh nilai 80 – 100 sangat baik 1 orang (4,16%), siswa yang memperoleh nilai 66 – 79 baik 21 orang (87,5%) dan siswa yang memperoleh nilai 56 – 65 cukup 2 orang(8,34%). Model pembelajaran Reflektif lebih berpengaruh dalam menulis cerpen dibandingkan dengan model konvensional. Selanjutnya pengujiian hipotesis thitung>ttabelyaitu (3,34 > 1,678). Dengan demikian Hipotesis berbunyi terdapat “pengaruh model pembelajaran Reflektif terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas X SMK Swasta Yayasan Wanita Kereta Api Medan Tahun Pembelajran 2017 – 2018. en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Oleh Siswakelas X Smk S Yayasan Wanita Kerata Api Medan Tahun Pembelajaran 2017 – 2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account