Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis
cerpen dengan menggunakan model pembelajaran reflektif, untuk mengetahui jumlah
dan tingkat kemampuan menulis cerpen menggunakan model konvensional, untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran reflektif terhadap kemampuan menulis
cerpen oleh siswa kelas X SMK Swasta Yayasan Wanita Kereta Api Tahun
Pembelajaran 2017 – 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang
terdiri dari kelas AP,AK,TL dan TKJ dengan jumlah 96 siswa. Sampel penelitian ini
adalah kelas AP ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 24 orang
dan kelas TKJ sebagai kelas control dengan jumlah siswa 24 orang. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, instrument penelitian ini
menggunakn tes esai. Berdasarkan teknik analisis data, hasil penelitian ini rata – rata
sebesar 81,54 dengan menggunakan model pembelajaran Reflektif dengan rincian
siswa memperoleh nilai 80 – 100 sangat baik 16 orang (66,67%) dan siswa yang
memperoleh nilai 66 – 79 baik 8 orang (33,33%) oleh siswa kelas X SMK Swasta
Yayasan Wanita Kereta Api Medan Tahun Pembelajaran 2017 – 1018. Nilai rata –
rata sebesar 71,22 dengan menggunakan model konvensional dengan rincian siswa
yang memperoleh nilai 80 – 100 sangat baik 1 orang (4,16%), siswa yang
memperoleh nilai 66 – 79 baik 21 orang (87,5%) dan siswa yang memperoleh nilai 56
– 65 cukup 2 orang(8,34%). Model pembelajaran Reflektif lebih berpengaruh dalam
menulis cerpen dibandingkan dengan model konvensional. Selanjutnya pengujiian
hipotesis thitung>ttabelyaitu (3,34 > 1,678). Dengan demikian Hipotesis berbunyi
terdapat “pengaruh model pembelajaran Reflektif terhadap kemampuan menulis
cerpen oleh siswa kelas X SMK Swasta Yayasan Wanita Kereta Api Medan Tahun
Pembelajran 2017 – 2018.