Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hubungan kebiasaan membaca
buku dengan kemampuan menulis ulasan buku siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2017-2018.Penelitian ini dilaksanakan di
SMP Negeri 1 Hamparan Perak. Jumlah populasi dalam penelitian ini 185, siswa
yang terdiri dari satu kelas dan yang dijadikan sampel penelitian berasal dari kelas
VIII-1 yang berjumlah 33 siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
deskriftif pengolahan data dan analisa data dilakukan melalui teknik analisis
Product Moment. Dengan cara acak kelas (random sampling). Data penelitian ini
dikumpulkan melalui angket dantest. Angket untuk mengetahui kebiasaan
membaca buku, dan test untuk kemampuan menulis ulasan buku. Kebiasaan
membaca buku pada kelas VIII-1 mencapai interval 60-69, 6 orang (0,181%)
memperoleh kategori sedang, 12 orang memperoleh kategori 5-59 kurang
(0,363%), 15 orang memperoleh nilai 0-49 (sangat kurang) (0,454%), sedangkan
kemampuan menulis ulasan buku adalah siswa yang mendapatkan nilai 80-100
(sangat baik) 18 orang memperoleh nilai (0,545%), siswa yang mendapatkan nilai
70-79 (baik) 8 orang yang memperoleh nilai (0,242%), siswa yang mendapatkan
nilai 60-69 (kurang) 7 orang yang memperoleh nilai (0,212%).
Berdasarkan pengujian hipotesis ternyata didapatkan rhitung> dari rtabel yaitu
(0,284) dan rhitung (rxy = 0,65) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yaitu
terdapat hubungan penguasaan kebiasaan membaca buku dengan kemampuan
menulis ulasan buku siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Hamparan Perak Tahun
Pembelajaran 2017-2018.