dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen
Kelompok Penangkar Tani Jaya, menganalisis kepuasan konsumen terhadap benih
padi bersertifikat pada bulan Desember 2018 sampai bulan Februari 2019.
Metode penelitian dilakukan dengan studi kasus (case study). Metode
penarikan sampel menggunakan teknik non-probability yaitu accidental sampling.
Sampel yang diteliti sebanyak 30 sampel dengan ketentuan konsumen adalah
petani yang telah menggunakan benih padi bersertifikat dari Kelompok Penangkar
Tani Jaya. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif, Importance
Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karakteristik konsumen Kelompok
Penangkar Tani Jaya adalah semua konsumen berjenis kelamin laki – laki dan
sudah menikah dengan usia yang paling dominan 31 – 40 tahun. Tingkat
pendidikan konsumen sebagian besar adalah SD dan status pekerjaan usahatani
tani padi sebagai pekerjaan utama dengan rata – rata pendapatan per bulan di luar
usahatani padi adalah sebesar Rp 500.000 – Rp 999.999. Sebagian besar
konsumen telah berusahatani 15 – 36 tahun dengan melakukan budidaya 2 kali
dalam setahun. Status lahan sebagian besar konsumen milik sendiri dengan rata –
rata luas lahan < 0,5 Ha. Hasil perhitungan CSI sebesar 78,34% secara
keseluruhan konsumen puas terhadap kinerja atribut – atribut benih padi
bersertifikat yang diproduksi oleh Kelompok Penangkar Tani Jaya. |
en_US |