Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna dan nilai-nilai pendidikan
novel Lampau karya Sandi Firly. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif.
Sumber data penelitian novel Lamapu karya Sandi Firly ini berjumlah 345
halaman yang diterbitkan oleh penerbit GagasMedia, cetakan pertama, 2013. Data
penelitian ini adalah struktur dan nilai-nilai pendidikan dalam novel. Metode
pengumpulan data dengan metode deskriptif dan instrumen penelitiannya adalah
pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah membaca
novel Lampau karya Sandi Firly dengan berulang-ulang, memahami isi cerita dan
mengaitkan sesuai dengan masalah, mengumpulkan data, mendeskripsikan dan
menarik kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini dapat menjawab
pernyataan penelitian bahwa terdapat keterkaitan antara unsur intrinsik tema, latar,
tokoh dan watak sehingga menghasilkan makna yang menyeluruh pendidikan
dalam novel Lampau karya Sandi Firly mencakup nilai pendidikan religius, nilai
pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, dan nilai pendidikan budaya.
Keterkaitan unsur intrinsik dan nilai-nilai pendidikan pada penelitian ini adalah
digambarkan dengan kata-kata, kalimat, dan dialog dalam cerita novel. Unsur
tema digambarkan dengan perjuangan, unsur tokoh dan penokohan digambarkan
dengan orang-orang yang mendukung maupun menentang perjuangan seorang
anak dalam menggapai cita-citanya, unsur latar tempatnya dari Loksado ke
pesantren di Banjar Baru lalu ke Jakarta dan kembali lagi ke Loksado. Nilai
pendidikan religiusnya digambarkan dengan pentingnya beribadah dan mendalami
agama Islam. Nilai pendidikan moral digambarkan dengan sikap hormat terhadap
guru. Nilai pendidikan sosial digambarkan dengan ringannya tangan dalam
menolong sesama. Nilai pendidikan budaya digambarkan dengan kebudayaan
warga Loksado yang beragama Kaharingan. Nilai-nilai pendidikan dalam novel
ini dinilai baik karena banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari para tokoh.