dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran ikan; biaya
pemasaran, fisherman share dan margin pemasaran pada setiap saluran pemasaran,
dan mengetahui efisiensi setiap saluran pemasaran ikan di daerah penelitian.
Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan dua
cara. pengambilan sampel nelayan dilakukan dengan simple random sampling
(secara acak), sedangkan untuk pedagang dilakukan dengan metode penelusuran.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan bantuan tabulasi sederhana, rumus margin pemasaran, rumus
price spread, rumus share margin dan rumus efisiensi pemasaran.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat 5 saluran pemasaran ikan di daerah
penelitian yang melibatkan nelayan, pedagang grosir, pedagang pengecer dan
konsumen. Biaya pemasaran yang dikeluarkan lembaga pemasaran berbeda beda
pada setiap salurannya. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran
pemasaran 2 yang mempunyai nilai efisiensi pemasaran 2,58 %. |
en_US |