Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Sosial
Facebook terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Mahasiswa FKIP UMSU.
Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 6 Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Sampel yang
digunakan sebanyak 103 dari 6 Program Studi yang ada. Metode yang digunakan
adalah metode eksperimen dengan instrumen pengumpulan data menggunakan tes
essai. Peneliti membagi kelas ke dalam 2 kelompok yakni kelompok yang aktif
menggunakan Facebook dan kelompok yang tidak aktif menggunakan Facebook.
Peneliti menerapkan teknik analisis data dengan rumus uji –t. Berdasarkan data
yang terkumpul dan hasil pengelolahannya dapat disimpulkan terdapat perbedaan
nyata antara kemampuan menulis cerita pendek oleh mahasiswa yang aktif
menggunakan Facebook dengan mahasiswa yang tidak aktif menggunakan
Facebook. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis di atas dapat diperoleh
harga thitung 19.15 dan selanjutnya thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel
dengan taraf signifikan α = 0.05 dengan (dk = n-2) (dk = 103-2 = 101), maka
diperoleh harga ttabel = 1.66. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui
bahwa thitung > ttabel (19.15 > 1.66) dengan demikian, dapat dikatakan bahwa
hipotesis Ha pada penelitian ini diterima.