Abstract:
Penelitan ini dilakukan pada tanggal 01 s/d 31 Agustus 2019 dengan
menggunakan penelitian kuantitatif di SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan
pada kelas VIII-A dan VIII-B dengan jumlah keseluruhan siswa sebanyak 29
kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan materi semester ganjil tahun ajaran
2019/2020. Dalam penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui kemampuan
penalaran analogi matematika siswa dengan menggunakan pendekatan
metaphorical thinking dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kelas
kontrol. Pada uji validitas valid, karena , sedangkan reliabilitas
dinyatakan reliabel yaitu sebesar 0,831 > 0,6. Teknik Uji Prasyarat bersifat
normal, homogen, serta terdapat perbedaan rata-rata. Pada uji t dengan
menggunakan SPSS 22 uji Independent Sample T Test terdapat perbedaan antara
kelas posttest eksperimen dengan kelas kontrol sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini
menunjukkan adanya perbedaan antara kedua kelas VIII-A dan VIII-B pada kelas
posttest eksperimen dan kontrol.