dc.description.abstract |
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk
atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau
mengkonsumsinya. Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan
uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa
bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Keputusan
Pembelian adalah tindakan yang dilakukan konsumen untuk melakukan
pembelian sebuah produk.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan
harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda verza pada PT. Indako
Trading Coy Medan. Sampel penelitian ini menggunakan non probability
sampling dengan pendekatan accidental sampling sebanyak 100 responden
dengan metode pengumpulan data yang dengan menggunakan teknik survei
melalui angket dan wawancara. Pengukuran data variabel dilakukan menggunakan
Skala Likert dengan interval penilaian 1-5, dimana skor 1 menunjukkan persepsi
sangat tidak setuju sedangkan skor 5 menunjukkan persepsi sangat setuju. Teknik
analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regresi berganda, uji t, uji F dan
koefisien determinasi.
Hasil persamaan regresi berganda Y = -1,134 + 0,669 X1 + 0,513 X2.
Berdasarkan hasil uji t promosi maka thitung 5,032 > 1,984 ttabel dengan tingkat
signifikan 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan variabel
promosi terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji t harga maka thitung
4,361 > 1,984 ttabel dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan ada
pengaruh yang signifikan variabel harga terhadap keputusan pembelian. Hasil uji
F diperoleh nilai Fhitung 52,935 > Ftabel 3,09 dengan tingkat signifikan 0,000 <
0,05, sehingga dapat disimppulkan bahwa promosi dan harga secara bersama –
sama (simultan) berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Koefisien
determinasi R-Square adalah 0,522 atau 52,2% keputusan pembelian dipengaruhi
promosi dan harga, sisanya sisanya 47,8% dipengaruhi variabel lain yang tidak
diteliti. |
en_US |