dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis pola saluran
pemasaran Jeruk Manis (Citrus Sinensis), untuk menganalisis marjin pemasaran,
share margin dan efisiensi pemasaran Jeruk Manis (Citrus Sinensis),di daerah
penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif
dan rumus efisiensi pemasaran.
Dari hasil penelitian yang dilakukan di daerah penelitian diperoleh
kesimpulan bahwa saluran pemasaran yang terjadi berjumlah dua saluran
pemasara yaitu : petani → pedagang pengumpul → pedagang pengecer →
konsumen, dan petani → pedagang pengecer → konsumen. Hasil penelitian yang
dilakukan didaerah penelitian menunjukkan share margin pada saluran pertama
sebesar 58,34% dan share margin pada saluran pemasaran kedua sebesar 33,33%.
Sedangkan untuk efisiensi yang terjadi didaerah penelitian menunjukkan bahwa
saluran pemasaran pertama dan kedua sudah efisien karena nilai efisiensi berada
dibawah 50% atau <50% yaitu dengan nilai efisiensi masing-masing saluran
pemasaran yaitu sebesar 9,32% untuk saluran pemasaran pertama dan 2,34%
untuk saluran pemasaran kedua. Namun dalam hal ini saluran pemasaran yang
kedua dianggap paling efisien karena memiliki nilai efisiensi terkecil yaitu sebesar
2,93% |
en_US |