Research Repository

Analisis Pemasaran Jeruk Manis (Citrus Sinensis)” Studi Kasus Desa Sidiangkat, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi

Show simple item record

dc.contributor.author Putra, Yusra Haryatna
dc.date.accessioned 2020-11-10T04:55:08Z
dc.date.available 2020-11-10T04:55:08Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9678
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis pola saluran pemasaran Jeruk Manis (Citrus Sinensis), untuk menganalisis marjin pemasaran, share margin dan efisiensi pemasaran Jeruk Manis (Citrus Sinensis),di daerah penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan rumus efisiensi pemasaran. Dari hasil penelitian yang dilakukan di daerah penelitian diperoleh kesimpulan bahwa saluran pemasaran yang terjadi berjumlah dua saluran pemasara yaitu : petani → pedagang pengumpul → pedagang pengecer → konsumen, dan petani → pedagang pengecer → konsumen. Hasil penelitian yang dilakukan didaerah penelitian menunjukkan share margin pada saluran pertama sebesar 58,34% dan share margin pada saluran pemasaran kedua sebesar 33,33%. Sedangkan untuk efisiensi yang terjadi didaerah penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran pertama dan kedua sudah efisien karena nilai efisiensi berada dibawah 50% atau <50% yaitu dengan nilai efisiensi masing-masing saluran pemasaran yaitu sebesar 9,32% untuk saluran pemasaran pertama dan 2,34% untuk saluran pemasaran kedua. Namun dalam hal ini saluran pemasaran yang kedua dianggap paling efisien karena memiliki nilai efisiensi terkecil yaitu sebesar 2,93% en_US
dc.subject Pemasaran Jeruk Manis en_US
dc.title Analisis Pemasaran Jeruk Manis (Citrus Sinensis)” Studi Kasus Desa Sidiangkat, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account