Abstract:
Model Think Talk Write merupakan suatu model pembelajaran untuk melatih keterampilan peserta didik dalam menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan representasi matematika siswa SMP Taman Siswa Medan T.P.2019/2020. Apakah ada pengaruh hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan representasi matematika siswa SMP Taman Siswa Medan T.P.2019/2020. Berapa persenkah pengaruh model Think Talk Write terhadap kemampuan representasi matematika siswa SMP Taman Siswa Medan T.P.2019/2020. Populasi pada penelitian ini siswa kelas VII di salah satu SMP Taman siswa Medan. Sampelnya adalah siswa kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen. Instrument yang digunakan adalah soal posttets tentang himpunan. Berdasarkan temuan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikan α = 0,05 terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan representasi matematika siswa pada siswa kelas VII SMP Taman Siswa Medan T.P.2019/2020.