Research Repository

Pengaruh Strategi Resource Based Learning Terhadap Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Show simple item record

dc.contributor.author Hutabarat, Dina Safira
dc.date.accessioned 2020-11-10T04:16:40Z
dc.date.available 2020-11-10T04:16:40Z
dc.date.issued 2019-10-11
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9639
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam menggunakan Strategi Resource Based Learning Terhadap Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN 2 Medan? Dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi resource based learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian the post-test only control design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Medan, dengan pengambilan sampel kelas VII-2, dimana kelas ini diterapkan 2 kali uji pertama kali menggunakan uji konvensional kemudian menggunakn uji eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika berbentuk esai sebanyak 10 soal pokok bahasan segi empat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t, dan berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan thitung 10,898 dan t tabel 1,9908 pada taraf signifikansi 5% yang berarti thitung > ttabel (10,898 > 1,9908), jadi hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi resource based learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi resource based lerning lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Resource Based Learning en_US
dc.title Pengaruh Strategi Resource Based Learning Terhadap Meningkatkan Hasil Belajar Matematika en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account