Research Repository

Analisis Pemasaran Gula Aren ( Studi Kasus : Desa Banjar Malayu Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal )

Show simple item record

dc.contributor.author Riski, Muhammad
dc.date.accessioned 2020-11-10T03:49:48Z
dc.date.available 2020-11-10T03:49:48Z
dc.date.issued 2018-04-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9580
dc.description.abstract Penelitian ini dilaksanakan di di Desa Banjar Malayu kecamatan Batang Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode deskriptif saluran pemasaran dan fungsi-fungsi pemasaran, analisis biaya pemasaran, analisis keuntungan, analisis margin pemasaran, analisis share margin dan analisis efisiensi pemasaran. Sampel penelitian ini yaitu 30 orang pengrajin gula aren di Desa Banjar Malayu atau 10% dari jumlah populasi, pedagang pengumpul 1 orang, pedagang besar 1 orang, dan pedagang pengecer 3 orang. Saluran pemasaran agroindustri gula aren dilokasi penlitian terdapat 4 pola pemasaran diantaranya pola pemasaran (1) pengrajin - konsumen. (2) pengrajin - pedagang pengecer - konsumen. (3) pengrajin - pedagang besar - pedagang pengecer - konsumen. (4) pengrajin - pedagang pengumpul - pedagang besar - pedagang pengecer -konsumen. Fungsi-fungsi pemasaran dilakukan 55,55% ditingkat pedagang pengumpul. Pada tingkat pedagang besar fungsi-fungsi pemasaran dilakukan 77,77% . Dan Pada tingkat pedagang pengecer fungs-fungsi pemasaran dilakukan 75%. Pada Saluran pemasaran 1 total biaya pemasaran Rp983/kg dan margin pemasaran Rp0/kg. Pada saluran pemasaran 2 total biaya pemasaran Rp1.279/kg, total keuntungan Rp 3.499/kg dan margin pemasaran Rp4.778/kg. Pada saluran pemasaran 3 total biaya pemasaran Rp2.683/kg, total keuntungan Rp7.137/kg dan margin pemasaran Rp10.000/kg. Untuk saluran pemasaran 4 total biaya pemasaran Rp3.876/kg, total keuntungan Rp8.124/kg dan margin pemasaran Rp 12.000/kg. dilihat dari efisiensi secara ekonomi maka pola saluran pemasaran 1 adalah pola pemasaran yang paling efisien karena mempunyai nila efisiensi pemasaran terendah yaitu 5,92%. en_US
dc.subject Saluran Pemasaran en_US
dc.subject Fungsi-Fungsi Pemasaran en_US
dc.title Analisis Pemasaran Gula Aren ( Studi Kasus : Desa Banjar Malayu Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal ) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account