Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa SMK Swasta Ar-Rahman Medan Tahun Pelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Sundari, Yeni
dc.date.accessioned 2020-11-10T03:35:49Z
dc.date.available 2020-11-10T03:35:49Z
dc.date.issued 2018-04-02
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9559
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana antusias siswa dalam kegiatan pembelajaran dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa Kelas X Akuntansi SMK Swasta ArRahman Medan setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pokok pencatatan transaksi dalam akun. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan lembar observasi. Dari hasil penelitian adanya peningkatan kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa pada materi pokok pencatatan transaksi dalam akun. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siklus I dimana ketuntasan hanya 55,17% dengan jumlah siswa 16 orang, pada siklus II meningkat menjadi 86,21% dengan jumlah siswa 25 orang. Kemampuan berpikir siswa juga semakin meningkat dimana pada siklus I ini terdapat 10 (34,48%) siswa untuk kategori kurang kritis, 8 (27,59%) siswa untuk kategori cukup kritis, 11 (37,93%) siswa untuk kategori kritis dan tidak ada siswa untuk kategori sangat kritis dan tidak kritis dan pada siklus II terdapat 2 orang siswa (6,90%) untuk kategori sangat kritis, 18 orang siswa (62,07%) untuk kategori kritis, dan 9 orang siswa (31,03%) untuk kategori cukup kritis. Dari data ini, kita dapat melihat bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan secara signifikan dan ketuntasan belajar siswa tercapai. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Problem Based Learning en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa SMK Swasta Ar-Rahman Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account