Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan yang
signifikanterhadap kemampuan menulis pantun oleh siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah 07 Medan tahun pembelajaran 2018-2019. Jumlah populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Muhammadiyah 07Medan
Tahun Pembelajaran 2018-2019 yang berjumlah 154 siswa dan sampel dalam
penelitian ini adalah kelas VII-1 dan VII-2 yang berjumlah 61 siswa. Kelas VII-2
terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima pembelajaran dengan
menggunakan Teknik Tipe Kartu Arisan sedangkan kelas VII-1sebagai kelas kontrol
yaitu kelas yang menerima pembelajaran tanpa menggunakanTeknik Tipe Kartu
Arisan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu
penelitian yang dilakukan untuk mencari pengaruh Teknik Tipe Kartu Arisandalam
menulis pantun.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai
dengan posttest-only control design.Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui
bahwa kemampuan siswa menulis pantun dengan menggunakanTeknik Tipe Kartu
Arisan memperoleh nilai rata-rata 76,94 termasuk dalam kategori baik dan
kemampuan siswa menulis pantun tanpa menggunakan Teknik Tipe Kartu
Arisanmemperoleh nilai rata-rata 64,24 termasuk dalam kategori cukup. Berdasarkan
pengujian hipotesis diperoleh uji tdengan hasil pengujian pada tarafa= 0,05 maka
diperoleh thitung > ttabelyaitu 6,64> 1,67.Sehingga hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan
terbukti kebenarannya dan diterima.Berarti ada pengaruh yang signifikan Teknik
Tipe Kartu Arisanterhadap kemampuan menulis pantun oleh siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah Medan Tahun Pembelajaran 2018-2019.