Research Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting di Kelas XI Akuntansi SMK PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Anggriani, Tria
dc.date.accessioned 2020-11-10T03:27:49Z
dc.date.available 2020-11-10T03:27:49Z
dc.date.issued 2018-04-02
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9545
dc.description.abstract Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya Hasil Belajar siswa kelas XI SMK PAB 2 Helvetia.” Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan metode pembelajaran Probing Prompting dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK PAB 2 Helvetia. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2017/2018 semester genap. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 30 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpul data dalam penelitian ini menggunakan observasi. Tes yang digunakan adalah Essay test. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan metode pembelajaran Probing Prompting. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh hasil belajar pada tes awal (pretest) dengan 30% yang tuntas dengan nilai rata-rata 66,16. Data postest siklus I dengan nilai rata-rata 68,36 hanya 43,33% siswa yang memenuhi ketuntasan. Sedangkan data posttest II dengan rata-rata nilai hasil belajar 81,5 dengan nilai ketuntasan 86,67%. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postest siklus I dan siklus II sebesar 43,34%. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa 53,33% (siklus I 26,67% sedangkan siklus II 80%) Dari hasil perolehan hasil belajar siswa dan lembar observasi, disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Probing Prompting pada materi pasar uang dan pasar modal di kelas XI SMK PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa metode pembelajaran Probing Prompting dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran akuntansi. en_US
dc.subject Aktivitas en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting di Kelas XI Akuntansi SMK PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account