dc.description.abstract |
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera
Utara.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya Hasil Belajar siswa
kelas XI SMK PAB 2 Helvetia.” Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui
dengan menerapkan metode pembelajaran Probing Prompting dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK PAB 2
Helvetia.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran
2017/2018 semester genap. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang
berjumlah 30 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpul data dalam
penelitian ini menggunakan observasi. Tes yang digunakan adalah Essay test.
Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses
belajar mengajar dengan menerapkan metode pembelajaran Probing Prompting.
Berdasarkan hasil analisa data diperoleh hasil belajar pada tes awal
(pretest) dengan 30% yang tuntas dengan nilai rata-rata 66,16. Data postest siklus
I dengan nilai rata-rata 68,36 hanya 43,33% siswa yang memenuhi ketuntasan.
Sedangkan data posttest II dengan rata-rata nilai hasil belajar 81,5 dengan nilai
ketuntasan 86,67%. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postest siklus
I dan siklus II sebesar 43,34%. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan
peningkatan aktivitas siswa 53,33% (siklus I 26,67% sedangkan siklus II 80%)
Dari hasil perolehan hasil belajar siswa dan lembar observasi, disimpulkan
bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Probing Prompting pada materi
pasar uang dan pasar modal di kelas XI SMK PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa
metode pembelajaran Probing Prompting dapat digunakan sebagai alternative
dalam pembelajaran akuntansi. |
en_US |