dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap
hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Medan
tahun pembelajaran 2017/2018.
Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Medan. Populasi
yang digunakan adalah seluruh kelas XI IPS yang terdiri dari satu kelas yang
berjumlah 39 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total
sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah seluruh kelas XI IPS
yang berjumlah 39 orang sebagai sampel penelitian.
Instrumen dalam penelitian menggunakan angket sebanyak 15 item dan
tes tertulis sebanyak 10 soal.
Teknik analisis data dilakukan dengan cara melakukan, uji hipotesis,
analisis regresi linear sederhana, dan koefisien determinasi.
Dari perhitungan diperoleh bahwa nilai thitung untuk variabel X sebesar
16,356. Untuk n = 39, diperloleh dk = n-2 = 39 – 2 = 37. Dengan α = 0,05,
diperoleh ttabel = 1,686. Karena nilai thitung (16,356) > ttabel (1,686), maka dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran
Teams Games Tournaments terhadap hasil belajar. Dari perhitungan regresi linier
sederhana diperoleh persamaan : Y = 45,606 + 0,696X. Ini menunjukan bahwa
setiap peningkatan persamaan regresi linier untuk model pembelajaran Teams
Games Tournaments maka akan terjadi peningkatan sebesar 0,696 Nilai koefisien
determinasi sebesar 0,879 menujukan bahwa, model pembelajaran teams games
tournaments mempengaruhi hasil belajar akuntansi siswa sebesar 0,879 x 100% =
87,9%. |
en_US |