Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknik Pemodelan terhadap
Kemampuan Menulis Surat Kuasa oleh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 57
Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP
Muhammadiyah 57 Medan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 57 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang terdiri dari 2 kelas
dengan sampel 72 orang, yakni kelas VIII B yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas
eksperimen yaitu kelas yang menerima pembelajaran dengan menggunakan teknik
pemodelan dan kelas VIII A yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol yaitu kelas
yang menerima pembelajaran tanpa menggunakan teknik pemodelan. Metode
penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen atau alat yang digunakan untuk
mencari data dalam penelitian ini adalah tes tertulis yaitu menulis surat kuasa. Nilai
rata-rata mean 91,5 dan standar deviasi 91,5, kelas kontrol nilai rata-rata mean 74,0
dan nilai standar deviasi 74,1. Hasil ini dapat ditandai dengan hasil thitung > ttabel artinya
nilai thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan
teknik pemodelan memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis surat kuasa oleh
siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 57 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018.