dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mata pelajaran
perpajakan siswa kelas XI SMK Swasta Perguruan Mabar. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar
pada Mata Pelajaran Perpajakan Siswa Kelas Xi Smk Swasta Perguruan Mabar
pada pokok materi Pph pasal 21 Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Perguruan Mabar yang
beralamat di Jl. Yos sudarso km : 9 no. 2 Medan Deli. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA yang berjumlah 39 orang, sedangkan
sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI SMA yang berjumlah 39
orang (sampling jenuh). Instrumen penelitian dengan menggunakan angket yang
berjumlah 15 item yang valid dan tes tertulis berbentuk uraian yang berjumlah 15
soal yang valid.
Berdasarkan perhitungan persamaan regresi linier sederhana diperoleh
bahwa Y = 37,640 + 0,012. Ini menunjukkan bahwa setiap peningkatan yang tidak
terlalu signifikan dalam persamaan regresi linier untuk Model Pembelajaran
Inquiry, maka akan terjadi peningkatan sebesar 0,012. Sedangkan dari hasil uji
determinasi diperoleh hasil R 0,013 sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor
lain diluar penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh antara model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar siswa kelas XI
SMK Swasta Perguruan Mabar. |
en_US |