dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Media
Pembelajaran Modul Interaktif Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran Akuntansi kompetensi dasar Mencatat transaksi keuangan
perusahaan jasa kedalam buku harian Kelas XI SMK PAB 8 SAMPALI Medan
Tahun Ajaran 2018/2019”.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 19 orang. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah Total Sampling Instrumen penelitian yang
digunakan adalah angket dan tes tertulis yang berbentuk lembar kerja siswa yang
terdiri dari 15 item angket dan 10 item post test yang terlebih dahulu diuji
validitas dan reabilitasnya.
Dari hasil analisis pada angket media pembelajaran modul interaktif
diperoleh skor nilai rata – rata 48,052 dan standar deviasi 4,454. Sedangkan post
test nilai rata-rata 80 dan standar deviasi 26,056. Dalam pengujian hipotesis
diperoleh thitung (1,957) dan bila dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” maka ttabel =
1,734 dengan demikian thitung > ttabel (1,957 > 1,734), sehingga kesimpulannya
adalah : “Ada pengaruh media pembelajaran modul interaktif terhadap
peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI SMK
Swasta PAB 8 SAMPALI Medan Tahun Ajaran 2018/2019.” |
en_US |