Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Generative Learning
terhadap kualitas pembelajaran matematika siswa SMP Muhammadiyah 05
Medan. Sebagai tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model
pembelajaran Generative Learning berpengaruh terhadap kwalitas pembelajaran
matematika siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah berupa tes yang
berbentuk esay dengan jumlah 5 butir soal. Sampel pada penelitian ini adalah
kelas VII-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas VII-B
sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang.Dari hasil penelitian menggunakan
uji t diperoleh thitung = 3,205 dan ttabel= 1,671, untuk taraf signifikan = 0,05. Hal
ini, menunjukkan bahwa thitung < ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil
analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Generative Learning
berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah
05 Medan TP 2020/2021.