Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan
melalui kebiasaan menggunakan video blog terhadap keterampilan berbicara pada
siswa MAS Al-Washliyah 22 Tembung tahun pembelajaran2017/2018. Penelitian
ini dilaksanakan di MAS Al-Washliyah 22 Tembung. Banyaknya Jumlah populasi
yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA berjumlah 39
siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.
Instrumen yang digunakan adalah angket yaitu untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh variabel X terhadap Y. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui
bahwa “ kebiasaan menggunakan video blog pada siswa MAS Al-Washliyah 22
Tembung tahun pembelajaran 2017/2018 memperoleh rekapitulasi angket nilai
tertinggi 40 dan terendah 21 termasuk dalam kategori baik. “keterampilan
berbicara pada siswa MAS Al-Washliyah 22 Tembung tahun pembelajaran
2017/2018 memiliki rekapitulasi angket nilai tertinggi 26 dan terendah 15.
Berdasarkan perhitungan “t” diperoleh thitung = 2,933 dan nilai ttabel = 1,684. Nilai
signifikasi yang didapat tinggi dan positif thitunglebih besar daripada ttabel. Maka
dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, ini menunjukkan bahwa
adanya pengaruh yang signifikan kebiasaan menggunakan video blog terhadap
keterampilan berbicara pada siswa MAS Al-Washliyah 22 Tembung tahun
pembelajaran 2017/2018.