Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan
melalui media “Iklan Niaga” terhadap Kemampuan Menulis Karangan Persuasi
oleh Siswa Kelas X SMK Negeri 9 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 9 Medan Sunggal. Jumlah populasi
dalam penelitian ini adalah 66 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian
ini adalah jumlah keseluruhan dari populasi yaitu kelas X DKV-2 (33 siswa) dan
kelas X Animasi-2 (33 siswa). Kelas X DKV-2 terpilih sebagai kelas eksperimen
yaitu kelas yang menerima pembelajaran dengan menggunakan media “Iklan
Niaga” sedangkan kelas X Animasi-1 sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan
media “Iklan Niaga.” Metode penelitian ini bersifat eksperimen yaitu penelitian
yang dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai sebab adanya
perlakuan yang diberikan pada eksperimen dan kontrol. Istrumen yang digunakan
dalam penelitian yaitu tes esai dengan posttest-only control design. Berdasarkan
teknik analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis karangan
persuasi menggunakan media “Iklan Niaga” memperoleh nilai rata-rata 78,79
termasuk dalam kategori baik dan kemampuan menulis karangan persuasi tanpa
menggunakan media “Iklan Niaga” memperoleh nilai rata-rata 58,58 termasuk
dalam kategori cukup. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh uji “t” dengan
hasil pengujian pada taraf = 0,05 maka diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 5,61 >
1,66, sehinggan hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan terbukti kebenaranya dan
diterima. Dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan media “Iklan Niaga”
terhadap kemampuan menulis karangan persuasi oleh siswa kelas X SMK Negeri
9 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018.