Abstract:
Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Active
Knowledge Sharing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada
pokok pembahasan Himpunan semester ganjil kelas VII SMP Muhammadiyah 01
Medan T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi
eksperimen) dan membandingkan kemampuan pemecahan matematika siswa
menggunakan strategi Active Knowledge Sharing pada kelas eksperimen dan
menggunakan metode biasa pada kelas kontrol. Kelas VII T-1 dengan jumlah siswa
30 siswa terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan strategi Active
Knowledge Sharing dan kelas VII T-2 dengan jumlah 30 siswa terpilih sebagai kelas
kontrol diajarkan dengan pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil pengujian
hipotesis yang diperlihatkan bahwa nilai dari perhitungan bahwa nilai dari
perhitungan thitung = 6,9123 lebih besar dari pada nilai (t) yang diperoleh dari tabel
distribusi ttabel = 2,001 dengan taraf signifikan 5% maka thitung > ttabel (6,9123 > 2,001)
membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi Active
Knowledge Sharing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada
siswa kelas SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020.