Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada
materi himpunan untuk siswa MTs Al-Hidayah Air Hitam kelas VII. Keefektifan
produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan dan kepraktisan.
Jenis penelitian yang digunakan untuk mengembangkan LKPD adalah
menggunakan penelitian (research and development / R & D) dengan
menggunakan pengembangan model 4-D yang dimodifikasi menjadi tiga tahap
yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap
pengembangan (develope). Subjek pada penelitian adalah siswa kelas VII-2 MTs
Al-Hidayah Air Hitam yang berjumlah 10 orang. Objek penelitian ini adalah
pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi himpunan.
Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas atau kelayakan pembelajaran
matematika yang dikembangkan adalah penilaian LKPD. Kualitas kevalidan
pembelajaran matematika dengan menggunakan LKPD dengan pendekatan
Pendidikan Matematika Realistik memenuhi kriteria valid berdasarkan rata-rata
LKPD yaitu 3,3 dari skor 4,0 dengan kriteria baik.