dc.description.abstract |
Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Sasmita Siregar, S.P., M.Si selaku ketua
pembimbing dan Bapak Surnaherman, S.P., M.Si selaku anggota pembimbing.
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen
dalam pengambilan keputusan pembelian beras organik di daerah penelitian, dan
mengetahui pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor
psikologis terhadap keputusan pembelian beras organik di daerah peneliti.
Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling
yaitu siapa saja yang secara tidak sengaja bertemu dengan peneliti dan sesuai
dengan karakteristik , maka orang tersebut dapat digunakan sebagai responden.
Sampel yang diteliti sebanyak 30 konsumen beras organik di daerah penelitian.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan metode regresi
linier berganda.
Hasil penelitian untuk perumusan masalah yang pertama dapat
disimpulkan bahwa perilaku konsumen yang mengutamakan kesehatan dan
kenikmatan sebagai faktor utama dalam pembelian memiliki jumlah responden
paling tinggi yaitu 17 orang dengan tingkat presentase 56,7%. Sedangkan perilaku
konsumen yang mengandalkan pengalaman dan pengetahuan tentang produk
beras organik dan konsumen yang menganggap lokasi penyediaan produk beras
organik di Supermarket Berastagi memudahkan untuk melakukan keputusan
pembelian memiliki jumlah responden terendah yaitu 3 orang dengan tingkat
presentase 10%.
Hasil penelitian untuk perumusan masalah yang kedua dapat disimpulkan
bahwa Dari hasil pengujian secara serempak dapat disimpulkan bahwa secara
keseluruhan variabel bebas memiliki pengaruh nyata terhadap keputusan
pembelian. Keputusan ini didukung dengan adanya nilai Multiple-R sebesar 0,807
yang mengartikan bahwa secara menyeluruh ada hubungan yang erat antara
variabel-variabel bebas terhadap keputusan pembelian prosuk beras organik
sebesar 80,7%.Dari hasil pengujian secara parsial diperolah bahwa secara parsial
variabel faktor sosial, faktor pribadi, dan variabel psikologis berpengaruh nyata
terhadap kebutusan pembelian beras organik, sedangkan variabel faktor budaya
secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk beras
organik di Supermarket Berastagi. |
en_US |