Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa pada karangan Siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun metode kualitatif deskriptif ini diawali dengan Mengumpulkan data yang berupa karangan siswa dalam pembentukan kata kata yang salah. Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan kesalahan terhadap kategori kebahasan dalam kajian morfologi, menjelaskan kesalahan dengan mendeskripsikan letak kesalahan sebab-sebabnya dan pemberian contoh yang benar, dan terakhir mengkoreksi kesalahan yang berupa pembenaran dan penghilangan kesalahan berupa penyusunan bahan yang tepat dan penentuan strategi pemebelajaran yang serasi. Hasil peneltian ini adalah sebagai berikut. Pertama, ditemukan adanya kesalahan berbahasa pada karangan siswa pada kajian morfologi. Data yang terdapat kesalahan berbahasa yaitu pada penulisan afiksasi yang salah satunya penulisan prefiks. Kedua ditemukan faktor-faktor yang menjadi penyebab kesalahan berbahasa pada karangan siswa adalah (1) kurangnya perhatian siswa untuk guru, kurangnya latihan menulis sesuai kaidah bahasa Indonesia, (2) kurangnya waktu menulis teks maupun karangan. (3) Siswa kurang teliti ketika menulis karangan dalam berbahasa. Ketiga, disimpulkannya bahwa terdapat kesalahan berbahasa pada karangan siswa di SMP Negeri 5 Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang.