Research Repository

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Open-ended problem pada siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Jhannitra, Wulan
dc.date.accessioned 2020-11-09T04:42:29Z
dc.date.available 2020-11-09T04:42:29Z
dc.date.issued 2019-10-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9213
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis open-ended problem pada siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020, (2) mengetahui validitas pengembangan perangkat pembelajaran berbasis open-ended problem pada siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020, (3) mengetahui efektifitas pengembangan perangkat pembelajaran berbasis open-ended problem pada siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Subjek dalam penelitan ini adalah siswa kelas VIII Terpadu-2 SMP Muhammadiyah 01 Medan. Objek penelitian ini adalah Pengembangan Perangkat pembelajaran berbasis open-ended problem. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development / R&D) dengan menggunakan pengembangan model 4-D yang dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develope). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi RPP dan LKPD. Berdasarkan hasil validasi ahli perangkat pembelajaran memnuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP 3,25 dari skor maksimal 4,0 dengan kriteria baik dan skor rata-rata LKPD yaitu 3,8 dari skor rata-rata maksimal 4,00 dengan klasifikasi sangat baik. Teknik analisis data dalam pengembangan perangkat pembelajran digunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan open-ended problem disimpulkan pada : (i) ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,4% pada uji coba dan (ii) ketercapaian indikator berada pada kriteria “Tuntas” en_US
dc.subject Perangkat Pembelajaran RPP dan LKPD en_US
dc.subject Open-ended Problem en_US
dc.title Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Open-ended problem pada siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account