Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana hasil pengembangan
perangkat pembelajaran berbasis open-ended problem pada siswa SMP
Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020, (2) mengetahui validitas
pengembangan perangkat pembelajaran berbasis open-ended problem pada siswa
SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020, (3) mengetahui efektifitas
pengembangan perangkat pembelajaran berbasis open-ended problem pada siswa
SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020. Perangkat pembelajaran yang
dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD). Subjek dalam penelitan ini adalah siswa kelas VIII
Terpadu-2 SMP Muhammadiyah 01 Medan. Objek penelitian ini adalah
Pengembangan Perangkat pembelajaran berbasis open-ended problem. Jenis
penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development / R&D)
dengan menggunakan pengembangan model 4-D yang dimodifikasi menjadi tiga
tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap
pengembangan (develope). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
lembar validasi RPP dan LKPD. Berdasarkan hasil validasi ahli perangkat
pembelajaran memnuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP 3,25 dari
skor maksimal 4,0 dengan kriteria baik dan skor rata-rata LKPD yaitu 3,8 dari
skor rata-rata maksimal 4,00 dengan klasifikasi sangat baik.
Teknik analisis data dalam pengembangan perangkat pembelajran digunakan
teknik analisis statistik deskriptif. Hasil uji coba perangkat pembelajaran yang
dikembangkan dengan pendekatan open-ended problem disimpulkan pada : (i)
ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,4% pada uji coba dan (ii) ketercapaian
indikator berada pada kriteria “Tuntas”