Research Repository

Pengembangan modul matematika berbasis Etnomatematika menggunakan pendekatan saintifik pada siswa SMP. 2019

Show simple item record

dc.contributor.author Tumangger, Wana Rukmana
dc.date.accessioned 2020-11-09T04:37:22Z
dc.date.available 2020-11-09T04:37:22Z
dc.date.issued 2019-10-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9209
dc.description.abstract Siswa kurang mampu mengaitkan antara materi pembelajaran dengan penerapan, pengaruh dan manfaat pembelajaran tersebut untuk kehidupan sehari – hari karena salah satu sifat matematika yang abstrak, sehingga siswa kurang tertarik untuk belajar matematika dan berdampak pada prestasi belajar siswa. Bahan ajar yang biasa dipakai siswa dalam proses pembelajaran masih menggunakan buku teks yang hanya berisikan materi, rumus-rumus, kurang mengaitkan antara materi yang dipelajari dengan implementasi materi terhadap kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul berbasis etnomatematika menggunakan pendekatan saintifik, untuk mengetahui bagaimana pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis Etnomatematika menggunakan pendekatan saintifik dan mengetahui tingkat kelayakan modul yang dihasilkan serta mengetahui respon siswa terhadap modul yang dikembangkan. Prosedur pengembangan yang dilakukan pada penelitian ini adalah menggunakan metode Research and Develpoment : Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk. Hasil validasi ahli materi diperoleh nilai rata-rata keseluruhan 85,91% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli materi diperoleh nilai rata-rata 90,83% dengan kategori sangat layak. Adapun hasil penelitian respon siswa terhadap modul diperoleh rata-rata keseluruhan 93,9% dengan kategori sangat layak sehingga dapat dikatakan modul sudah layak dan siap pakai sebagai alternative pembelajaran maupun bahan ajar. en_US
dc.subject Etnomatematika en_US
dc.subject Pendekatan Saintifik en_US
dc.subject Pengembangan Modul en_US
dc.title Pengembangan modul matematika berbasis Etnomatematika menggunakan pendekatan saintifik pada siswa SMP. 2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account