dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belaknggi oleh masalah keputusan siswa yang setiap
tahunannya mengalami penurunan walaupun tidak secara signifikan dikarenakan
oleh masalah brand image yang semakin menurun dan juga lokasi sekolah yang
berada cukup jauh dari pasar besar (jalan raya).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand
image terhadap keputusan siswa dan pengaruh lokasi terhadap keputusan siswa
memilih SMA Angkasa 1 Lanud Soewondo. Selain itu juga bertujuan untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh brand image dan lokasi secara bersama-sama
terhadap keputusan siswa memilih SMA Angkasa 1 Lanud Soewondo.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang ada di SMA Angkasa 1
Lanud Soewondo baik kelas X, kelas XI, dan kelas XII yang berjumlah 247 orang.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, kelas XI, dan kelas XII
sebanyak 99 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini daftar
penyataan (Questioner), wawancara (Interview) dan studi dokumentasi.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah asumsi klasik, regresi
linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi.
Hasil uji t diketahui bahwa ada pengaruh brand image terhadap keputusan
siswa memilih SMA Angkasa 1 Lanud Soewondo dapat dilihat dari thitung sebesar
5,187 > ttabel 1,985 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Pengaruh lokasi terhadap
keputusan siswa memilih SMA Angkasa 1 Lanud Soewondo dapat dilihat dari
thitung sebesar 0,250 < ttabel 1,985 dengan signifikan 0,803 > 0,05. Uji F secara
bersama-sama antara brand image dan lokasi terhadap keputusan siswa memilih
SMA Angkasa 1 Lanud Soewondo diperoleh nilai Fhitung 23,652 > Ftabel 3,09 yang
menunjukkan Ha diterima (H0 ditolak) dan hasil R-Squere sebesar 0,330 atau
33,0% yang menunjukkan sekitar 33,0% variabel Keputusan Siswa (Y) dapat
dijelaskan oleh variabel Brand Image (X1) dan Lokasi (X2). |
en_US |