Abstract:
Tujuan penelitian pengembangan multimedia ini untuk menghasilkan produk
berupa media pembelajaran menggunakan Camtasia Studio pada materi barisan
dan deret untuk siswa SMK Muhammadiyah 06 Medan. Model pengembangan
yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yakni analisis,
perancangan dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK
Muhammadiyah 06 Medan Kelas XI dengan menggunakan skala kelas kecil
sebanyak 10 orang siswa. Kelayakan media pembelajaran ini dinilai oleh para ahli
terhadap media yang dikembangkan. Media pembelajaran matematika
menggunakan camtasia studio materi Barisan dan Deret yang dikembangkan
sudah memenuhi kriteria layak/valid digunakan untuk siswa SMK kelas XI.
Kelayakan/kevalidan dilihat dari hasil penilaian validator, dimana semua validator
menyatakan media pembelajaran layak/valid untuk digunakan. Penilaian media
pembelajaran oleh ahli diperoleh nilai 4,5 dengan kategori kelayakan “sangat
baik”. Hasil RPP oleh para ahli diperoleh nilai 4,6 dengan kategori kelayakan
“sangat baik”. Keefektifan media pembelajaran diperoleh nilai 80% termasuk
dalam kategori “sangat baik”. Dan kepraktisan media pembelajaran diperoleh nilai
91,1% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Berdasarkan tes hasil belajar
siswa dalam kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan memiliki
kriteria “tuntas”.