dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas
produk terhadap keputusan pembelian tas chanel pada mahasiswa fakultas
ekonomi dan bisnis universitas muhammadiyah sumatera utara.
Pendekatan pada penelitian ini adalah menggunakan pendekatan
asosiatif, ialah suatu pendekatan yang dingunakan untuk mengetahui bahwa
adanya pengaruh diantara kedua variabel. Defenisi operasional yang dingunakan
pada penelitian ini adalah keputusan pembelian (Y), harga (X1) dan kualitas
produk (X2). Tempat penelitian adalah jalan Muchtar Basri No.3 Medan dengan
waktu penelitian yang dilaksanakan dari bulan Nopember 2017 hingga Maret
2018, jumlah populasi pada penelitian ini adalah 50 pegawai dan sampel pada
penelitian ini menggunakan Acchidental Sampling. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini ialah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data adalah
uji validitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji hipotesis dan
koefisien determinasi.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa ada pengaruh harga dan kualitas
produk terhadap keputusan pembelian. Hal ini membuktikan dengan ditolaknya
hipotesis H0 melalui pengujian hipotesis dimana terdapat nilai harga thitung
(2,068) >ttabel( 1,675), kualitas produk terdapat nilai thitung (3,767 >ttabel (1,675 ).
Besarnya pengaruh dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian
dengan diperoleh nilai f hitung17,825 ≥ f tabel 2,80 dengan probabilitas sig 0,000 ≤
0,05. Hal tersebut hipotesis nol ( H0 ) ditolak dan dapat disimpilkan bahwa
harga dan kualitas produk mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian.
Dari hasil uji determinasi diatas dapat diambil kesimpulan bahwa ada
pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Terlihat
nilai sekitar 43,1% pengaruh yang ditimbulkan oleh harga dan kualitas produk
dan 56,9% dipengaruhi oleh variabel lain. |
en_US |