dc.description.abstract |
Market Value Added merupakan ukuran kinerja dari suatu perusahaan untuk
mengukur seberapa besar nilai tambah pasar yang telah diciptakan atau seberpa besar
kekayaan bagi investor yang berhasil diciptakan perusahaan. Dalam kondisi yang
optimal kita harus mempertimbangkan segala sesuatu yang memiliki pengaruh
terhadap Market Value Added. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti
empiris tentang pengaruh Economic Value Added, Return On Asset terhadap Market
Value Added dengan menggunakan data laporan keuangan yang digunakan adalah
perusahaan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 2012-
2016.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 perusahaan property yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel diambil dengan menggunakan purpose
sampling dengan 10 perusahaan property yang memenuhi beberapa kriteria.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purpose sampling dimana
diperoleh sampel sebanyak 10 perusahaan untuk periode 2012 – 2016. Pengujian
yang digunakan dalam penelitian ini regresi linear berganda digunakan sebagai alat
analisis, asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolionearitas, uji heterokedastisitas
dan uji autokorelasi), dan untuk menguji hipotesis digunakan uji-t dan uji-f dan uji
determinasi.
Hasil uji statistik menunjukkan bahwa secara parsial Economic Value Added
ada pengaruh signifikan terhadap Market Value Added, sedangkan Return On Asset
tidak ada pengaruh signifikan terhadap Market Value Added. Kemudian Economic
Value Added dan Return On Asset secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
Market Value Added. |
en_US |