dc.description.abstract |
Kepuasan pelanggan ialah perasaan senang atau kecewa yang muncul
setelah membandingkan kinerja (hasil) produk jasa yang dipikirkan terhadap
kinerja (atau hasil) yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan
dan Harga pada Pengguna Aplikasi Jasa Grab (grabcar) Pada Mahasiswa UMSU.
. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan pengguna aplikasi jasa
Grab (grabcar) pada mahasiswa UMSU dengan sampel sebanyak 50 orang
menggunakan quota sampling. Teknik pengumpulan data ini dengan wawancara
(Interview) dan kusioner lalu uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data
yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi berganda, uji t, uji F, dan
Koefisien Determinasi (R-Square).
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh
secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan thitung 2.169 > ttabel 2.009
dan nilai sig adalah 0,035 < 0,05. Harga berpengaruh secara signifikan terhadap
Kepuasan Pelanggan dengan thitung 2,533 > ttabel 2.009 dengan nilai sig adalah
0,015 < 0,05. Berdasarkan hasil uji F didapat nilai Fhitung 26.196> Ftabel 3,18
dengan signifikan 0,000 < 0,05, bahwa Kualitas Pelayanan dan Harga secara
simultan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Nilai RSquare
determinasi
52,7
%
memperlihatkan
Kepuasan
Pelanggan
dipengaruhi
Kualitas
Pelayanan
dan
Harga
dan
sisanya
47,3%
dipengaruhi
variable
lain
yang
tidak
diteliti. |
en_US |