Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran TAPPS
efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah
47 Medan T.P 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model
pembelajaran TAPPS efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa
SMP Muhammadiyah 47 Medan T.P 2019/2020. Desain yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu pretest posttest control grup design. pengambilan sempel
diambil dengan pengambilan acak dan didapat kelas yang menjadi kelas
eksperimen adalah kelas VIII-2 yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol adalah
kelas VIII-4 yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil
penghitungan rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 84,37 sedangkan pada kelas
kontrol diperoleh rata-rata sebesar 78,17. Dari pengujian hipotesis diperoleh harga
𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 2,19, dengan β= 5%, dari daftar distribusi normal baku diperoleh
𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,002.Karena 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 β₯ 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, yaitu 2,19 β₯ 2,002 maka 𝐻0 diterima.
Dari hasil perhitungan N-gain yang didapat dari kelas Eksperimen mencapai nilai
0,7 dalam kategori Tinggi, maka model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem
Solving (TAPPS) dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh
karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TAPPS efektif dalam
meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 47 Medan T.P
2019/2020.