dc.description.abstract |
ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
citra merek terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian dan untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap
keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan pada Perusahaan
Daerah Air Minum Sumatera Utara Medan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh mahasiswa fakultas
ekonomi dan bisnis yang menggunakan sepatu merek nike sedangkan sampel
yang memenuhi kriteria penarikan sampel pengamatan yang dilakukan berjumlah
50 orang dengan menggunakan quota sampling. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik angket. Teknik analisis data dalam penelitian
ini menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan
Uji F), dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan program software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens)
versi 22.00.
Secara parsial diketahui bahwa citra merek memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu merek nike pada mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis dimana peroleh (thitung 2,473) > (ttabel 2.011) dan
angka sig 0.017 < 0.05. Secara parsial diketahui bahwa harga memiliki pengaruh
negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu merek nike pada
mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dimana dimana peroleh (thitung -3.462) <
(ttabel -2.011) dan angka sig 0.001 < 0.05. Secara parsial diketahui bahwa promosi
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu
merek nike pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dimana peroleh (thitung
12,373) > (ttabel 2.011) dan angka sig 0.000 < 0.05. Secara simultan diketahui
bahwa citra merek, harga dan promosi memiliki pengaruh positif yang signifikan
terhadap keputusan pembelian sepatu merek nike pada mahasiswa Fakultas
Ekonomi dan Bisnis dimana peroleh dimana peroleh (fhitung 381,727) > (ftabel 3.19)
dan angka sig 0.000 < 0.05. |
en_US |