Research Repository

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Identitas Trigonometri Di Kelas XI Semester I SMA PAB 4 Sampali Tahun Ajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Prishastini, Suci
dc.date.accessioned 2020-11-09T02:07:59Z
dc.date.available 2020-11-09T02:07:59Z
dc.date.issued 2019-10-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9053
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan Soal Identitas Trigonometri di Kelas XI Semester I SMA PAB 4 Sampali T.A 2019/2020.Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PAB 4 Sampali T.A 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika terkait identitas trigonometri berdasarkan jenis–jenis kesalahan Newman adalah: (a) persentase kesalahan membaca yang dilakukan siswa sebesar 26%,(b) persentase kesalahan memahami sebesar 50.67%, (c) persentase kesalahan transformasi sebesar 50%, (d) persentase kesalahan keterampilan proses sebesar 52%, dan (e) persentase kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 54.6%. Persentase kesalahan total siswa adalah 46.6%. Adapun penyebab kesalahan siswa meliputi tergesa-gesa dalam membaca soal matematika, tidak memiliki kemampuan memfokuskan perhatian pada saat belajar, tidak menguasai materi identitas trigonometri, tidak paham dengan rumus yang seharusnya digunakan, tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan, asal-asalan mengerjakan soal, akibat dari kesalahan sebelumnya, dan terburu-buru dalam mengerjakan proses penyelesaian. en_US
dc.subject Analisis Kesalahan en_US
dc.subject Prosedur Newman en_US
dc.title Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Identitas Trigonometri Di Kelas XI Semester I SMA PAB 4 Sampali Tahun Ajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account