Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dan penyebab
kesalahan siswa dalam menyelesaikan Soal Identitas Trigonometri di Kelas XI
Semester I SMA PAB 4 Sampali T.A 2019/2020.Metode penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes
tertulis dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PAB 4
Sampali T.A 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan
persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika
terkait identitas trigonometri berdasarkan jenis–jenis kesalahan Newman adalah:
(a) persentase kesalahan membaca yang dilakukan siswa sebesar 26%,(b)
persentase kesalahan memahami sebesar 50.67%, (c) persentase kesalahan
transformasi sebesar 50%, (d) persentase kesalahan keterampilan proses sebesar
52%, dan (e) persentase kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 54.6%.
Persentase kesalahan total siswa adalah 46.6%. Adapun penyebab kesalahan siswa
meliputi tergesa-gesa dalam membaca soal matematika, tidak memiliki
kemampuan memfokuskan perhatian pada saat belajar, tidak menguasai materi
identitas trigonometri, tidak paham dengan rumus yang seharusnya digunakan,
tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan, asal-asalan mengerjakan soal,
akibat dari kesalahan sebelumnya, dan terburu-buru dalam mengerjakan proses
penyelesaian.