dc.description.abstract |
Keluarga merupakan sebuah institusi yang terbentuk karena ikatan perkawinan.
Keluarga juga merupakan faktor yang memiliki pengaruh besar terhadap tingkat prestasi
belajar anak, baik di bidang akademik dan non akademik. Melalui komunikasi keluarga,
anak belajar mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya serta menyimak nilai-nilai
sosial. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola komunikasi keluarga pada siswa
berprestasi di Sekolah Menengah Pertama. Subjek penelitian adalah anak yang
mendapatkan ranking 1, 2 dan 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
metode studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman
yaitu melalui proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pola komunikasi keluarga siswa berprestasi cenderung
menunjukkan kombinasi authoritarian, permissive, dan authoritative, namun diantara
ketiga pola komunikasi tersebut, orangtua cenderung menggunakan pola komunikasi
authoritative yaitu meskipun memberikan kebebasan, tetapi orangtua tetap memberikan
tanggung jawab pada anak. Dengan demikian pola komunikasi keluarga siswa berprestasi
lebih cenderung pada pola komunikasi gabungan antara authoritative dengan permissive. |
en_US |