Research Repository

Perilaku Konsumen Terhadap Permintaan Bayam (Studi Kasus: Pasaraya Medan Mega Trade Center, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang)

Show simple item record

dc.contributor.author Widiyastuti, Afriani
dc.date.accessioned 2020-11-07T08:40:13Z
dc.date.available 2020-11-07T08:40:13Z
dc.date.issued 2018-03-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8983
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen terhadap permintaan Bayam dan untuk mengetahui pengaruh pendapatan, pendidikan, jumlah tanggungan, dan harga terhadap permintaan Bayam. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling yaitu menentukan sampel berdasarkan kebetulan, maka sampel penelitian adalah konsumen yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti pada saat melakukan transaksi pembelian bayam. Sampel yang diteliti sebanyak 30 sampel konsumen yang membeli bayam. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan deskriptif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Secara parsial, variabel harga berpengaruh nyata terhadap permintaan bayam sedangkan variabel pendapatan, pendidikan, jumlah tanggungan tidak berpengaruh nyata terhadap permintaan bayam pada tingkat kepercayaan 95%. Secara simultan (serempak) jumlah permintaan bayam dipengaruhi oleh, pendapatan, pendidikan, jumlah tanggungan dan harga sebesar 86,6%, selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 13,4,7%. Hasil pengujian secara statistik diperoleh nilai Multiple R sebesar 0,931 yang mengartikan bahwa secara menyeluruh ada hubungan yang erat antara pendapatan, pendidikan, jumlah tanggungan dan harga terhadap permintaan bayam sebesar 93,1%. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Konsumen lebih memilih bayam yang segar yaitu sebanyak 30 responden (100%). Konsumen yang menyatakan bayam bermanfaat 15 responden (50%) dan yang menyatakan tidak bermanfaat 15 responden (50%). Konsumen yang memilih bayam berdasarkan warna sebanyak 22 responden (73,3%) dan yang memilih bayam tidak berdasarkan warna sebanyak 8 responden (26,7%). Konsumen yang memilih bayam karena rasa sebanyak 24 responden (80%) dan konsumen memilih bayam bukan karena rasa sebanyak 6 responden (20%). en_US
dc.subject Permintaan en_US
dc.subject Perilaku Konsumen en_US
dc.title Perilaku Konsumen Terhadap Permintaan Bayam (Studi Kasus: Pasaraya Medan Mega Trade Center, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account