dc.description.abstract |
Personal selling mempunyai peranan yang sangat penting, dimana diterima atau
tidaknya produk yang diproduksi perusahaan bagi masyarakat dilihat dari baik
tidaknya peranan personal selling yang bertugas untuk menjual produk barang
atau jasa dan bertujuan untuk lebih meningkatkan kinerja personal selling dalam
upaya membantu perusahaan melakukan penjualan produk yang sesuai dengan
target volume penjualan perusahaan. Adapun tujuan dari bauran pemasaran yang
diterapkan perusahaan pada dasarnya adalah untuk meningkatkan hasil atau
volume penjualan produk perusahaan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah ada pengaruh
personal selling terhadap volume penjualan produk Agar-agar Assoy dan Joyly
Jell pada PT. Mestika Mandiri Medan?. Dalam penelitian digunakan teknik
pengumpulan data yaitu studi dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang
digunakan yaitu metode analisis Regresi Sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian maka terjawab rumusan masalah penelitian yaitu ada
pengaruh personal selling terhadap volume penjualan produk pada
PT. Mestika Mandiri Medan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis uji t dengan
menggunakan Coefficients diketahui bahwa nilai t hitung variabel Personal Selling
sebesar 7,485 > t tabel 3,182 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga
disimpulkan bahwa variabel Personal Selling berpengaruh terhadap volume
penjualan perusahaan.
Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan model summary diketahui
bahwa besarnya pengaruh variabel bebas (Personal Selling) terhadap variabel
terikat (volume penjualan) adalah sebesar 0,949 (94,9%), dimana dari 100 % yang
mempengaruhi volume penjualan ternyata Personal Selling dapat berpengaruh
terhadap besarnya volume penjualan sebesar 94,9 % sedangkan sisanya sebesar
5,1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini,
misalnya promosi, distribusi, jumlah publisitas dan sebagainya. |
en_US |