Research Repository

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kecemasan Berkomunikasi Siswa Kelas Xi Sma Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmi, Fadhilah
dc.date.accessioned 2020-03-01T06:05:18Z
dc.date.available 2020-03-01T06:05:18Z
dc.date.issued 2019-08
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/880
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Penurunan Kecemasan Dalam Berkomunikasi siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan one group pre-test post-test desain. Sampel penelitian ini sebanyak 14 orang siswa dari kelas XI SMA Negeri 3 Medan. Dilakukan dengan dua kelompok untuk kegiatan layanan bimbingan kelompok, satu kelompoknya terdiri dari 7 orang siswa dengan waktu yang berbeda-beda. Diambil dengan teknik purposive sampling. Adapun instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Angket (Kuesioner) dengan menggunakan skala likert. data yang diperoleh untuk melihat pengaruh bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan berkomunikasi siswa dapat dilihat dari hasil pre-test dimana dalam kategori sangat tinggi dengan frekuensi 1 siswa sebanyak 3,12%, kategori tinggi dengan frekuensi 13 siswa sebanyak 41%, kategori sedang dengan frekuensi 16 siswa sebanyak 50% dan kategori rendah dengan frekuensi 2 siswa sebanyak 6,25% sedangkan hasil post-test kategori sedang dengan frekuensi 4 siswa sebanyak 28,6% dan kategori rendah dengan frekuensi 10 siswa sebanyak 71,4%. Dengan hasil uji-t yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa taraf signifikansi 0.05 dan derajat kebebasan dk = (n1+n2 – 2) = (32+14-2) = 44 maka dari tabel t diperoleh ttabel=2,317 dan thitung=6,905. Dengan demikian thitung > ttabel (6,905>2,317) atau sig 0.000 > 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan berkomunikasi siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok. en_US
dc.subject Layanan Bimbingan Kelompok en_US
dc.subject Kecemasan Berkomunikasi en_US
dc.title Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kecemasan Berkomunikasi Siswa Kelas Xi Sma Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account