dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa
dengan menggunakan layanan konseling indovidu dengan pendekatan
behavioristik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan layanan dengan
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek kelas VIII di SMP
Muhammadiyah 48 Medan dan objek penelitian sebanyak 6 orang siswa yang
memiliki masalah minat belajar seperti kurangnya minat belajar siswa pada semua
mata pelajaran, siswa lebih memilih bekerja daripada belajar sehingga siswa lupa
akan tugas dia sebagai seorang pelajar yang masih duduk di bangku Sekolah
Tingkat Pertama (SMP). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah
obsevasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan ialah
mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil
penelitian yang dilakukan: Penerapan Layanan Konseling Individual untuk
Meningkatkan Minat Belajar dengan Menggunakan Pendekatan Behavioristik
dapat dilihat dari hasil observasi, wawancara dan angket. Dan hal ini tebukti pada
perubahan sikap siswa yang sudah melihatkan meningkatkan prestasi belajarnya.
Adapun tingkat keberhasilan dari hasil penelitian ini sebesar 95% |
en_US |