Research Repository

Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Tanjung Pura

Show simple item record

dc.contributor.author Herman, M. Al Fatah
dc.date.accessioned 2020-11-07T03:40:46Z
dc.date.available 2020-11-07T03:40:46Z
dc.date.issued 2018-03-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8795
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Tanjung Pura. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan menganalisis data dengan perhitungan angka-angka kemudian menarik kesimpulan dari pengujian tersebut. Pendekatan yang digunakan assosiatif yaitu pendekatan analisis hubungan atau pengaruh antara variable satu dengan yang lain. Dalam penelitian ini populasi adalah konsumen PT. Perusahaan Listrik Negara yang berjumlah 1.245 orang. Ukuran sampelnya sebanyak 93 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas pelayanan (X) terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y), artinya bahwa ada pengaruh atau hubungan yang searah antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan secara nyata. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan diperoleh thitung (4,312) > ttabel (1,662), dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima (Ho ditolak). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil perhitungan di atas dapat diketahui bahwa nilai Fhitung adalah 31,421dengan tingkat eignifikan 0,000, sedangkan Ftabel 3,095 dengan signifikan 0,05. Dengan demikian Fhitung > Ftabel yakni 31,421 > 3,095, artinya Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. en_US
dc.subject Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan en_US
dc.title Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Tanjung Pura en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account