dc.description.abstract |
Kepuasan konsumen merupakan faktor yang sangat menetukan dalam
pemasaran, dengan tingkat persaingan yang cukup tinggi dan sangat ketat
merupakan kunci utama untuk memenangkan persaingan. Kepuasan konsumen
dapat diukur melalui pemberian nilai lebih kepada para pengguna jasa melalui
produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing dan terus meningkatkan
kualitas pelayanan kepada pelanggan.
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui perbedaan
kepuasan pengguna jasa kolam renang Deli Medan dengan kolam renang Unimed.
Persaingan dalam jasa meniuntut pengelola kolam renang untuk berusaha
menomorsatukan kualitas pelayanan kolam renang bagi konsumen, seperti
fasilitas pendukung dan harga tiket masuk. Atribut kolam renang bisa membuat
masyarakat mengetahui dan membedakan kelebihan kolam renang yang satu
dengan kolam renang yang lainnya.
Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan
menggunakan analisis komparatif yaitu suatu teknik dengan menggunakan uji
rata-rata atau uji beda dengan perlakuan yang tidak sama.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen kolam
renang yang melakukan kegiatan di kolam renang Deli Medan dan kolam renang
Unimed. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin.
Berdasarkan perhitungan Slovin maka jumlah sampel sebanyak 94 responden,
dengan rincian 44 responden untuk pengguna jasa kolam renang Deli Medan dan
50 responden untuk pengguna jasa kolam renang Unimed. Teknik analisis data
menggunakan uji statistic Independent Sample Test.
Berdasarkan dari hasil pengujian statistic Independent Sample Test ada
perbedaan nilai rata-rata sebesar 48,40 kepuasan pengguna jasa kolam renang Deli
Medan dengan kepuasan pengguna jasa kolam renang Unimed sebesar 42.76
dengan selisih nilai rata-rata sebesar 5,65 dan terdapat perbedaan kepuasan
pengguna jasa kolam renang Deli Medan dengan kepuasan pengguna jasa kolam
renang Unimed dengan peroleh nilai sig 0,000 < α = 0,5 atau dengan persentase
0,0% < α = 5%. |
en_US |