dc.description.abstract |
Tujuan penulis melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh iklan dan
kualitas produk terhadap keputusan pembelian minuman Teh Botol Sosro. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Acidental Sampling.
Acidental Sampling yaitu penentuan sampel secara kebetulan sebanyak 70
responden yang merupakan pembeli atas minuman Teh Botol Sosro di
supermarket daerah Medan-Amplas.
Hasil penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang diproses dengan
menggunakan uji kualitas data yang digunakan adalah uji validitas dengan
menggunakan Corrected Item Total dan uji reabilitas menggunakan Cronbach
Alpha dan dianalisis dengan menggunakan Regresi Berganda.. Untuk uji
hipotesis dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan uji t, dan uji F serta
melakukan uji determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel terdapat pengaruh positif
signifikan variabel iklan terhadap variabel keputusan pembelian yang ditunjukkan
thitung (5,524) > ttabel (1,67) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05, dan
terdapat pengaruh positif signifikan variabel kualitas produk terhadap variabel
keputusan pembelian yang ditunjukkan thitung (3,797) > ttabel (1,67) dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000< 0,05, dan untuk iklan dan kualitas produk berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada minuman Teh Botol
Sosro, dengan nilai Fhitung (93,131) > Ftabel (3.13) dengan tingkat signifikasi 0.000.
Selanjutnya nilai R-Square yang diperoleh adalah sebesar 0,735 menunjukkan
sekitar 73,5% pengaruh signifikan iklan dan kualitas produk terhadap keputusan
pembelian. |
en_US |