Research Repository

Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Etika Komunikasi Siswa Kelas Xi Akuntansi Smk-Bm Pab 03 Medan Estate T.P 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Hasanah, Uswatun
dc.date.accessioned 2020-03-01T05:59:31Z
dc.date.available 2020-03-01T05:59:31Z
dc.date.issued 2019-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/869
dc.description.abstract Masih banyak dijumpai siswa yang mempunyai masalah mengenai komunikasi yang beretika dengan orang lain, terutama dengan guru dan staf. kebanyakan siswa terutama siswa kelas XI di SMK PAB 3 MEDAN ESTATE dikelas XI Akutansi yang mengalami penurunan etika dalam berkomunikasi dengan guru. Hal ini terjadi karena siswa menganggap bahwa dirinya sudah akrab dengan guru sehingga mereka dengan mudah berkomunikasi dengan guru selayaknya berkomunikasi dengan teman bermainnya yang ada dimasyarakat. Misalnya salah seorang siswa menyapa guru olahraga langsung menggunakan nama guru tersebut dan hal ini tidak hanya terjadi saat jam pembelajaran berlangsung, namun saat bertemu pun siswa kerap sekali memanggil guru olahraganya dengan nama beliau.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipenerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan etika komunikasi siswa kelas XI Akuntansi SMK PAB 3 Medan Estate. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling dan wali kelas XII, dan objek penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI Akuntansi yangmengalami penurunan etika komunikasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data pelaksanaan penelitian dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan selama penelitian berlangsung. Maka dari hasil tersebut dapat dilihat meningkatnya kemampuan siswa untuk meningkatkan etika komunikasi. Dengan demikian Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Etika Komunikasi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK PAB 3 Medan Estate tahun pembelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan kemampuanberetika komunikasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan etika komunikasi siswa, hal ini terlihat dari hasil layanan yang diberikan pada pertemuan pertama sebesar 25,6%, pada pertemuan kedua 57,5% dan hasil pada pertemuan ketiga sebesar 72,5%. en_US
dc.subject Layanan Bimbingan Kelompok en_US
dc.subject Etika Komunikasi Siswa en_US
dc.title Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Etika Komunikasi Siswa Kelas Xi Akuntansi Smk-Bm Pab 03 Medan Estate T.P 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account